-->

Tips menghadapi salah jurusan


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Dalam kehidupan Siapa si yang tidak menginginkan lapangan pekerjaan sesuai dengan jurusan kita tetapi terkadang banyak hal yang membuat kita salah masuk jurusan yang sesuai dengan keinginan dan skill yang kita miliki.
Banyak faktor hidup terkadang membuat orang salah masuk jurusan seperti ikut ikutan teman,  diarahkan oleh guru, dipaksa oleh orangtua dan masih banyak lagi. Sebelum melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi baik smk sederajat atau ke perguruan tinggi ada baiknya kita dalam memilih jurusan sangatlah penting untuk mempertimban gkan banyak hal seperti hobi keseharian kita, cita-cita serta tujuan kita, atau melalui keinginan atau mimpi kita di masa depan karena itu semua bisa jadi sangat berpengaruh terhadap dunia pekerjaan kita di masa depan. Lalu bagimana dengan kita yang sudah salah masuk jurusan karena ikutan teman atau di paksa orangtua??  Jangan patah semangat dulu ikuti tips berikut.

1. Menyukai jurusan tersebut
Terkadang sesuatu yang dilakukan berdasarkan kesenangan hati, hasilnya biasanya jauh lebih baik,begitu pula pada belajar terkadang apabila kita salah jurusan itu dapat membuat kita cepat bosan dalam belajar malas serta sulit menerima atau menangkap pelajaran dari dosen atau guru yang mereka sampaikan. Untuk itu mulai menyukai dan enjoy dalam belajar bisa jadi solusi utama bagi kita agar mudah mencerna materi yang kita hadapi.

2.  Usaha
Dalam hal apapun usaha sangatlah di butuhkan sebagaimana pepatah bilang tiada hasil yang mengkhianati usaha.  Itu artinya dalam mengahadapi apapun hendaknya kita di ajarkan untuk berusaha begitu pula dalam belajar. Untuk mempermudah dan melancarkan kita dapat belajar dengan rutin setiap hari minimal 5 atau10 menit untuk belajar. Sedikit banyak pasti kemampuan kita akan bertambah.

3. Enjoy
Tidak perlu terlalu tegang dalam belajar. Yang terpenting hanya fokus, santai tetapi pasti. Artinya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk merilekskan pikiran kita.

4. Yakin pada diri sendiri
Jika kita sudah terlanjur masuk kedalam jurusan yang salah kita harus meyakinkan pada kemampuan kita bahwa kita bisa melewati dan mengikuti pelajaran yang ada.  Apabila kita tidak yakin bagaimana kita bisa melanjutkan untuk kedepannya pasti banyak kendala yang akan kit hadapi. Percaya diri bahwa kita mampu untuk itu.

5. Doa
Tiada usaha yang berhasil tanpa doa. Berdoalah sesuai dengan keyakinan kita bahwa kita dapat melewati problem kita.  Karna usaha tanpa doa seperti mana orang sombong begitu pula berdoa tanpa adanya usaha seperti mana orang pemalas.
Itulah beberapa tips yang dapat kita jalankan apabila kita sudah terlanjur salah dalam memilih jurusan. Jalankan satu komitmen dalam hidupmu dan buktikan pada dunia tentang persepsi yang salah tentang dirimu yang ditujukan orang lain guna untuk merendahkanmu. Jadikan setiap celaan sebagai motivasi dan semangat untuk kamu bangkit ke arah lebih baik.
Salam sukses wassalamualaikum wr wb

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips menghadapi salah jurusan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel