-->

Tips Ampuh menghadapi demam panggung

Assalamualaikum wr wb.  Masih di blog noterani. Hari ini saya akan membagikan tips yang mudah mudahan berguna untuk kalian ya.  Blog ini terlintas ketika saya ingin mengikuti pertunjukan kasidah rebana di sekitar rumah saya. Waktu itu sih acara khitanan yang kebetulan masih saudara saya. Sebelumnya saya adalah anggota baru di kasidah ini . Saya bisa mengaji walau tidak terlalu pandai tapi saya terus belajar.  Mengaji marawis memang sedikit berbeda dengan ngaji biasa.  Kita harus pelan dan sedikit lembut tapi nada ngaji tinggi semua. Awalnya sih susah ya tapi karena sering belajar akhirnya bisa juga.  Saya sendiri tipe orang yang berjantung lemah dan mempunyai mental yang tidak kuat.
       Bukan cuma kali ini, bahkan hampir disetiap pertunjukan atau tampil di depan orang banyak saya sering mengalami demam panggung alias ga berani.  Kata orang sih wajar kalau deg degan dan nerves serta grogi saat akan tampil namanya juga manusia. Tapi saya heran juga beberapa cara saya lakukan untuj menghadapi hal tersebut. Bahkan terkadang saking takutnya kaki dan sekujur tubuh bisa sampai gemetar, keringat dingin bercucuran, serta suara menjadi hilang seketika, atau kurang maksimal.
     Namun mau bagaimana lagi terkadang kita menginginkan seperti orng lain bisa tampil bagus dan memuaskan.  Untuk itu saya akan membagikan beberapa tips yang dapat kalian praktekkan sebelum tampil dan menyuguhkan sesuatu. Berikut tips tips yang dapat kalian lakukan.
    1. Percaya diri
Sebelum tampil di atas panggung biasanya kita sering banget tidak percaya diri.  Bahkan banyak faktornya seperti rasa takut,  atau malu.  Hal tersebut terkadang dapat membuat kita menjadi down sebelum tampil.  Oleh karena itu buang jauh jauh rasa itu dan berusaha tampilkan sesuatu yang terbaik.
  2. Berusaha tampil sebaik mungkin.
Dalam suatu perlombaan terkadang kita terlalu berambisi untuk memenangkan lomba tersebut sehingga kadang malah justru membuat kita tidak fokus terhadap penampilan kita. Untuk hal demikian sangat lah perlu kita koreksi.  Buatlah sesuatu yang terbaik.  Bahkan kadang walaupun kita kalah dalam peelombaan ith membuat kita bisa lebih belajar iklhas menerima dan membuat orang lebih simpati teehadapmu.
   3. Semangat
Hal ini sangat amat di perlukan saat tampil.  Untuk menambah rasa percaya diri kita sekaligus menambah stamina kita saat tampil.
  4. Latihan secukupnya
Ini sangat penting dalam mempersiapkan suatu ajang perlombaan. Latihan juga dilakukan untuk memperbaiki tampilan yang kurang maksimal sehingga dapat dirubah ketika tampil sesungguhnya di atas panggung.
Latihan sendiri sangat banyak caranya. Seperti di depan cermin, sering mengulang konten walau dalam aktivitas kecil yang mana hal tersebut dapat tidak sengaja keluar saat kita tampil.
5. Penilaian oleh orang lain
     Sebelum tampil ada baiknya anda mencari rekan seperti teman anda,  kekasih ,,orang tua anda atau orang lain sesiapun untuk mengkoreksi penampilan anda . Ada kurang atau tidaknya masukan teman sangatlah berarti untuk anda.
6. Persiapan yang matang
    Properti kadang juga dapat membuat sebuah tampilan menarik untuk dilihat.  Maka dari itu properti - properti  tersebut haruslah dipersiapkan untuk membuat pertunjukkan anda lebih sempurna.
7. Penonton
Saat tampil di hadapan banyak orang usahakan lihat ke arah ubun2 kepala hal tersebut dapat membuat orang lain tidak mengetahui apabila kita nerves.  Atau bisa juga kita menganggap di depan kita tidak ada orang lain seperti halnya ketika latihan.
8. Sadari kelebihan
   untuk apa merasa malu padahal anda sendiri mempunyai kelebihan yang tidak ada pada orang lain.  Untuk itu berpikir positif dan buang jauh jauh rasa malu.
9. Berpikir positif
    Orang yang dapat berpikir positif. terhadap kelebihannya yang dimilikinya  merupakan salah satu bentuk rasa syukur nya.
10. Tenangkan hati
    Ada kalanga nerveos menguasai akal pikiran kita sehingga membuat kita mati kutu dan terdiam kaku.  Tapi jangan biarkan hal tersebut  menjadikan kita berlarut larut.  Tenangkan diri anda dan yakinlah bahwa  anda bisa.
11. Berani mengambil resiko
  Orang yang enggan mengambil resiko karena rasa malu adalah orang yang pengecut karena takut salah berbicara atau yang lainnya.  Padahal hal tersebut dapat membuat kita bisa belajar dari kesalahan tersebut dan lebih percaya diri.  Untuk itu mulai dari sekarang beranikanlah untuk mengambil resiko dan berusaha keluar dari zona nyaman anda.
12. Buang persepsi orang lain
Prasangka dan ketakutan yang anda pikirkan tentang penilaian orang lain terhadap anda  buang jauh jauh dan jadikan sebagai tolak ukur untuk maju.  Karena untuk maju yang diperlukan oleh diri adalah semangat, percaya diri,  kemampuan dan senyuman yang menawan.
13. Jangan lupa tersenyum.
Sesekali tersenyum dapat sedikit memicu dan membangkitkan rasa percaya diri anda.  Sekaligus membuat anda sedikit tidak nerveos .
14. sayangi diri anda
Orang yang dapat menyayangi dirinya tidak akan membiarkan dirinya dikuasai rasa malu dan dia akan bangg terhadap dirinya. Dan menyadari tidak selamanya harus bersembunyi di hadapan public dan banyak orang.
15. Atasi ketakutan
Sebelum anda tampil ada baiknya anda mengatasi rasa takut tersebut,. Cari alasan kenap anda takut dan cari solusi.
Pikirkan dan renungkanlah.
16.Lakukan terapi
   Jika anda tidak dapat sekaligus tampil bagus didepan umum maka lakukanlah latihan.  Ambil setiap kesempatan , berbicara lantang di depan kelas, perbanyak bicara depan orang banyak.  Hal kecil tersebut dapat membantu anda lebih baik lagi.
17. Jangan bandingkan dengan orang lain.
    Jangan bandingkan diri anda dengan oranglain.  Seperti si A lebih baik daripada anda atau apakah saya bisa seperti dia.  Hal tersebut sangatlah menghambat kemampuan anda.  Yakinlah pada diri anda sendiri dan jangan membanding bandingkannnya.

   Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan kepada anda semua.  Semoga dapat berguna dan bermanfaat.  Serta membantu penampilan anda lebih baik dari sebelumnya. Karena tidak ada yang tidak bisa jika kita mau belajar.  Dan tidak akan ada yang bisa membunuh rasa takut kita kecuali kita sendiri.  Keluarlah dari zona nyaman anda sekarang.  Dan buktikan kepada dunia dan sekeliling  anda bahwa anda bisa..
WAssalamualaikum wr.wb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Ampuh menghadapi demam panggung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel